Cara yang dapat dilakukan untuk mengimplentasikan pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya di kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah, adalah dengan memetakan terlebih dahulu modal/asset yang ada kemudian berpikir berbasis kepada asset/kekuatan yang ada tersebut. Ada 7 aset disekitar yaitu asset manusia, fisik, sosial, finansial, lingkungan/alam, politik dan agama dan budaya.
Pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. Contohnya, ketika berada/mengajar disuatu tempat pedalaman yang mana memiliki akses jalan, air, serta internet masih susah, bangunan fisik juga belum maksimal, seorang pemimpin pembelajaran hendaknya tidak berpikir pada masalah adatu kekurangan, melainkan fokus pada asset yang dimiliki atau berpikir berbasis asset (asset based thinking). Seorang pemimpin pembelajaran dapat memaksimalkan asset manusia yaitu murid dan guru untuk mengoptimalkan asset atau kekuatan yang dimiliki agar dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.
Konsep
tersebut dapat diperjelas kembali dengan menonton tayangan video berikut :
Materi
di modul 3.2 ini memiliki keterkaitan dengan materi-materi lainnya di program
guru penggerak ini. Di modul ini pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber
daya, harus memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan (modul 3.1) yang
mana keputusan tersebut yaitu dalam memanfaatkan aset yang ada secara maksimal.
Selain itu pemikiran Ki Hajar Dewantara yang maenyatakan bahwa pendidikan
adalah sebuah proses menuntun segala kodrat yang ada pada anak dengan segala
potensi yang dimilikinya agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Maka sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya sekolah,
seharusnya dan semestinya memanfaatkan dan mengelola seluruh kodrat alam dan
kodrat zaman yang ada sebagai sebuah kekuatan atau aset yang dimiliki untuk
mendorong sebuah agen perubahan transformasi pendidikan dalam mewujudkan
merdeka belajar bagi murid dan guru. Untuk dapat mengelola sumber daya yang ada dengan optimal, juga perlu dibuatkan rencana kecil perubahan, yang mana perencanaak tersebut menggunakan metoda BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi) yang telah dipelajari di modul sebelumnya 1.3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar