Rabu, 15 April 2020

Pembelajaran Daring / Online Untuk Siswa Kelas 2 SD Tema 7 Sub Tema 3

Menghadapi Pandemi Covid 19 yang sedang mewabah di hampir seluruh dunia belakangan ini, kebijakan pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makariem, mengeluarkan instruksi melalui SE Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang "Penyelenggaraan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease  (Covid-19)" Tanggal 24 Maret 2020 yang menyatakan bahwa kegiatan belajar dilakukan di rumah. 
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Sebagai guru di kelas rendah yang memiliki anak didik di Sekolah Dasar Negeri, saya pun mulai berpikir merancang kegiatan belajar di rumah agar anak didik tidak bosan dan jenuh belajar di rumah selama masa pandemi long distancing diberlakukan.

dengan memperhatikan latar belakang orang tua siswa yang berbeda-beda, ditambah dengan situasi ekonomi saat ini dan kemampuan usia peserta didik, guru sebagai fasilitator hendaknya merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi sekaligus dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan anak selama masa pandemi ini.

Untuk itu, berikut contoh kegiatan pembelajaran online yang dapat dilakukan dalam 1 minggu.

Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 3

JADWAL KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH
SISWA KELAS II A 
SD NEGERI 7 SESETAN
Tema 7 Sub Tema 3


No.
Hari dan Tanggal
Pelajaran
Kegiatan
1.
Senin
Tematik
           PPKn KD  3.3
Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu


         Bahasa Indonesia KD 3.8
Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis.


          Ulangan online dengan google form
(Link dan token diberikan oleh guru, orang tua tinggal klik links, dan memasukkan token)


          Ulangan online dengan google form
(Link dan token diberikan oleh guru, orang tua tinggal klik links, dan memasukkan token)

2.
Selasa

Tematik
           Matematika KD 3.7
Menjelaskan pecahan , , dan  menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.







           Matematika KD 4.7
Menyajikan pecahan , , dan  yang bersesuaian dengan bagian dari keeluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.


           Siswa disajikan video guru yang sedang menjelaskan dan mempraktikan pecahan , , dan  menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

           Siswa membuat video yang menjelaskan nilai pecahan , atau , atau  (pilih salah satu saja) dengan menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar siswa.

           Siswa dengan bantuan orang tua dapat menyajikan 1 bagian utuh, pecahan , , dan   ( LKS Tema 7 Halaman 70 “Ayo Beraktifitas” dikerjakan di double folio. Orang tua hanya membantu dalam membuat bangun datar dan membagi menjadi bagian sama besar, siswa menentukan sendiri nilai pecahan dengan memberi warna sesuai ketentuan).

3.
Rabu
         Bahasa Bali
Kruna Penyambung




          Tematik
Matematika KD 3.7
Menjelaskan pecahan , , dan  menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.


           Siswa membaca, memahami dan mengerjakan latihan mengenai “Kruna Penyambung” LKS Bahasa Bali halaman 30-31 no.1-10 soal dan jawaban, jawaban diisi garis bawah.

           Siswa mengerjakan kuis online tentang pecahan melalui media quizziz.
(link akan diberikan guru, tinggal klik, dan masukan email orang tua)

4.
Kamis
           Agama










          Tematik
Bahasa Indonesia
KD 3.9
Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.

           Agama Hindu
Siswa mengerjakan latihan soal dari LKS Agama Hindu hal. 39-40 dijawab langsung di LKS.
Agama Islam 
Siswa menulis kaligrafi “Alhamdulilah” dan artinya di buku gambar, diberi hiasan dan warna.
          Agama Kristen menyesuaikan sedangkan Agama Islam menyusul

           Siswa mencermati dan membaca dongeng kemudian siswa mampu menemukan kata sapaan dalam dongeng.
           Siswa menuliskan kata sapaan yang ditemukan dalam tabel.
( Teks dongeng dan format tabel Buku BOS Tema 7 halaman 145 )

5.
Jumat
PJOK 




Bahasa Inggris 
          Siswa melakukan gerak non lokomotor
       Siswa mengerjakan soal-soal PJOK LKS hal.79-80 romawi I dan II jawaban saka di double folio.

  Siswa mencari, menentukan dan menuliskan dalam bahasa Inggris beserta arti dalam bahasa Indonesia 10 ekor binatang buas dan 10 ekor binatang jinak, serta menghapalkannya.  

6.
Sabtu,
     Pengembangan Diri   
   Pengembangan diri tari dan yoga dilakukan mandiri oleh siswa dan orang tua.





Materi / Sumber Belajar Daring Kelas 2 SD Tema 7 Sub Tema 3 

No.
Hari
Materi / Sumber Belajar
1.
Senin
PPKn tema 7 (KD 3.3)

Bahasa Indonesia tema 7 (KD 3.8)

Token : buyuli

2.
Selasa
Materi YouTube tentang pecahan


3.
Rabu
Kuis di quizziz

5
Kamis
 Teks dongeng dan format tabel ada di Buku BOS Tema 7 halaman 145
6.
Jumat
-
























Demikian jadwal dan materi belajar daring untuk kelas 2 SD Tema 7 Subtema 3 yang saya rancang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

CGP   : Komang Yuli Wirahayu Asal Sekolah : SD Negeri 7 Sesetan  Nama Program : LiBerCa (Meningkatkan Literasi dengan Berbagai Kegiat...